Site icon Daerahkita

Klenteng Boen Bio Surabaya Tiadakan Perayaan Mengundang Kerumunan Saat Imlek

Surabaya – Menyambut Tahun Baru Imlek 2572, Klenteng Boen Bio Kapasan Surabaya mulai bersih-bersih. Salah satunya, proses pembersihan altar. Sebab sebelum malam Tahun Baru Imlek, biasanya kerap digelar upacara mengantar Para Suci naik.

“Satu minggu sebelum Tahun Baru Imlek kita melakukan upacara sembayang mengantar para Suci naik. Kemudian baru bisa melakukan pembersihan atau bersih-bersih altar,” kata Pengurus Kelenteng Boen Bio Liem Tiong Yang di lokasi, Senin (8/2/2021).

“Ini masih dalam proses pembersihan sejak kemarin. Pokoknya nanti malam menjelang tahun baru sudah siap semuanya,” tandas Liem.

Meski begitu, Klenteng Boen Bio meniadakan perayaan yang bersifat mengundang massa. Salah satunya pertunjukan barongsai. Sedangkan pembagian angpao dan sembako akan dilakukan secara terbatas dan bertahap.

“Kami tidak lagi mengadakan perataan yang bersifat massal dan mengundang kerumunan. Seperti barongsai,” kata Liem.

Untuk pembagian angpao dan sembako, jelas dia, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami lakukan bertahap dan tetap menerapkan protokol. Dan kami juga melibatkan sejumlah Gusdurian dalam pembagiannya,” imbuh Liem.

Sementara di Klenteng Hong San Ko Tee Jalan Cokroaminoto tidak tampak kesibukan atau perayaan. Pasalnya, saat pandemi COVID-19 mereka melarang orang luar masuk klenteng. Namun mereka sudah menggelar bersih-bersih klenteng Januari 2021.

“Maaf, orang luar tidak boleh masuk karena pandemi,” jelas seseorang yang berada di sekitar klenteng.

(fat/fat)

Exit mobile version