Site icon Daerahkita

Kawah sileri di dataran tinggi Dieng erupsi

Banjarnegara – Terjadi erupsi di kawah Sileri yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, petang tadi. Lontaran material mengarah ke selatan.

Kawah Sileri berada di Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara. Erupsi terjadi pada Kamis (29/4/2021) sekitar pukul 18.30 WIB. Erupsi yang terjadi adalah jenis erupsi freatik.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan, semburan erupsi kawah Sileri yang berada di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara, ke arah selatan sekitar 400 meter.

“Semburan ini berupa lumpur dan bebatuan ke arah selatan. Kurang lebih sekitar 400 meter,” ujar Andri saat dihubungi detikcom, Kamis (29/4/2021) malam.

Namun demikian, dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya sementara lokasi kawah Sileri disterilkan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya erupsi susulan.

“Tidak ada korban jiwa, tapi sekarang area kawah steril untuk mengantisipasi terjadinya erupsi susulan. Dan jalan pun licin karena ada semburan lumpur,” jelasnya.

Untuk diketahui, lokasi kawah Sileri berada dekat jalur alternatif Banjarnegara-Batang. Selain itu, juga dekat dengan objek wisata pemandian air hangat d’qiano.

Petugas saat ini masih melakukan sterilisasi lokasi mengantisipasi adanya erupsi susulan. Selain itu juga dilakukan pengamanan jalan licin akibat material lumpur dan batu lontaran dari kawah yang erupsi.

“Masyarakat diimbau tetap waspada terkait potensi erupsi susulan, namun diminta tidak panik dan jangan termakan informasi yang tidak jelas asal-usulnya.

(mbr/rih)

Exit mobile version