Site icon Daerahkita

Polisi Pasang Rambu Sebelum Titik Penyekatan PPKM Darurat

Jakarta, CNN Indonesia –Polri akan menambah rambu-rambu agar pengendara yang akan melintas pos penyekatan mempersiapkan syarat-syarat masuk wilayah DKI Jakarta. Ini sebagai evaluasi penerapan penyekatan tiga hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Dari hasil evaluasi sementara, pos-pos penyekatan di sejumlah titik mengalami penumpukan kendaraan. Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan di lapangan juga sempat terjadi perdebatan antara petugas dengan pengendara karena larangan masuk Jakarta selama PPKM Darurat.

“Jadi kita buatkan rambu-rambu mulai dari jarak 1 kilometer, kemudian 500 meter, dan 200 meter yang isinya agar masyarakat yang melintas itu mempersiapkan syarat-syarat dokumen ditunjukkan,” ujar Listyo dalam konferensi pers secara virtual, Senin (5/7).

“Apabila mereka memang bisa menunjukkan bahwa mereka memiliki surat keterangan kerja di sektor kritikal atau esensial, maka mereka akan diloloskan,” kata dia menambahkan.

Kapolri melanjutkan, untuk warga yang tak dapat menunjukkan surat keterangan akan diputarbalikan. Selain itu, kepolisian juga akan memulai penyekatan mulai dari wilayah kemacetan hingga kabupaten sebelum sampai di titik perbatasan.

“Penyekatan dilaksanakan mulai dari tingkat kecamatan, dilaksanakan penyekatan kemudian di tingkat menjelang akan melintas antar kabupaten dilakukan penyekatan,” jelasnya.

Pemerintah sejak Sabtu (3/7) menerapkan PPKM Darurat sebagai upaya mencegah lonjakan Covid-19. Kantor atau perusahaan yang bekerja di sektor esensial atau kritikal dapat beroperasi dengan membatasi kapasitas 50 persen.

Sementara, untuk sektor-sektor di luar itu wajib menerapkan aturan bekerja dari rumah atau work from home 100 persen.

Demi mendukung kebijakan itu, kepolisian membuat penyekatan di 63 titik. Sebanyak 28 titik berada di batas kota dan jalan tol, 21 titik rawan pelanggaran, dan 14 titik pengendalian mobilitas.

Namun, pada praktiknya, kepolisian kewalahan membatasi mobilitas masyarakat. Pada pekan pertama PPKM Darurat, penyekatan ini membuat kemacetan di sejumlah ruas jalan.

(dmi/bmw)

Exit mobile version