Site icon Daerahkita

Gegesik Kulon Dapat Penghargaan dari Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menganugerahkan Desa Gegesik Kulon di Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Gegesik Kulon dianggap memiliki kearifan lokal dan nilai budaya.

“Desa wisata Gegesik Kulon tercatat sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Semoga ini akan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya,” Sandiaga memaparkan desa wisata Indonesia di Gegesik Kulon, Kabupaten Cirebon, Kamis Demikian disampaikan seusai pemberian penghargaan (ADWI) (9/9/2021).

Sandiaga mengatakan, desa wisata itu mendapat penghargaan untuk menyadarkan masyarakat. Sandiaga mengatakan, keberadaan desa wisata di Kabupaten Cirebon ini merupakan respon atas antusiasme masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

“Juri memutuskan Gegesik Kulon karena seni dan budayanya. Saya berharap ada lebih banyak keluarga angkat di sini, ini hanya satu,” kata Sandiaga.

Ia berharap Desa Gegesik Ku​​lon bisa menjadi perhatian publik. Sehingga, lanjut dia, tingkat kunjungan wisatawan di Kabupaten Cirebon bisa meningkat.

“Cirebon memiliki banyak kearifan lokal. Salah satunya topeng Cirebon, ada Panji sampai Kelana. Panji itu ibarat bayi yang baru lahir, kemudian hingga Kelana yang menggambarkan manusia penuh angkara murka,” kata Sandiaga.

“Kearifan ini kita akan jahit menjadi tells stories. Kita akan rajut tenun yang indah tenng Gegesik Ku​​lon,” kata Sandiaga menambahkan.

Saat disinggung mengenai kepatuhan protokol kesehatan bagi wisatawan, Sandiaga mengaku meminta agar wisatawan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Ini di mulai dari kita. Taat protokol kesehatan. Kemudian kita dorong percepatan vaksinasi,” katanya.

Exit mobile version