Site icon Daerahkita

Peran Kepala Daerah Menjadi Kunci Keberhasilan Vaksinasi

Apa yang melatarbelakangi capaian vaksinasi di Sragen bisa terbilang berhasil? Salah satu kunci keberhasilan adalah peran aktif kepala daerah untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya vaksin.

Hal ini mengemuka dalam pertemuan antara Komisi E DPRD Jateng dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen, Kamis (20/1/2022).

Dalam indeks tingkat pencapaian vaksinasi ketiga (booster) di Sragen dinyatakan lebih banyak dari provinsi Jawa Tengah. Karena itu Komisi E ingin mengatahui seputar tata cara, penanganan atau kendala dalam proses program vaksinasi ketiga supaya masyarakat bersedia divaksin.

“Kami ingin tahu mengenai program vaksinasi di Sragen yang unik dan mungkin mendapat masukan tambahan seputar penanganan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat agar bisa menjadi contoh untuk daerah lain karena Sragen lebih tinggi capaian vaksinnya daripada Provinsi,” kata Abdul Hamid, Ketua Komisi dalam diskusi bersama Dinkes Sragen.

Sementara, anggota Komisi E Joko Hariyanto memberi masukan soal perkembangan vaksinasi. Menurut dia selama ini pencapaian vaksinasi di sejumlah daerah berbeda-beda.

“Untuk vaksin ketiga dan mengenai isu virus baru tentu ada penanganan. Harapannya untuk Sragen mampu menekan kepanikan masyarakat agar tidak menjadi euforia,” tanya Joko.

Anggota Komisi E lainnya Yohanes, menanyakan apakah ada kendala di masyarakat sehingga mendapatkan capaian yang memuaskan.

Menjawab hal itu Kepala Dinkes Kab. Sragen dr Hargiyanto, MKes mengatakan, saat ini capaian vaksinasi di Sragen sudah lebih dari 60%. Namun, diakuinya pula, dalam pencapaian tersebut melewati banyak kendala sulit terutama sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami memiliki Bupati dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mau memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat untuk penyuntikan vaksin Covid-19. Bersama OPD terkait bekerja sama untuk terjun langsung kepada masyarakat. Bahkan bupati bersedia door to door kepada warga yang takut untuk melakukan vaksin dengan memberikan contoh dan pengarahan langsung. Bupati sendiri melakukan tugasnya terutama untuk kategori lansia,” jelas Hargiyanto.

Terkait vaksin, lanjut dia, Sragen telah mencapai 84,3% untuk semua tahapan vaksinasi. Saat ini juga vaksinasi dilakukan di area umum masyarakat seperti pusat perbelanjaan pada akhir pekan.

Dirinya mengakui keberhasilan capaian vaksinasi karena ada kesadaran masyarakat itu sendiri. Selain peran kepala daerah yang terjun langsung dalam proses vaksinasi turut memberikan menarik minat masyarakat, selain ada pemberian penghargaan atau doorprize bagi kecamatan yang mampu melakukan vaksinasi terbanyak dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Exit mobile version