Site icon Daerahkita

Sistem Desentralisasi Terarah Untuk China Sukses Jadi Negara Maju

Salah satu keberhasilan China menjadi negara maju adalah menerapkan sistem pemerintahan desentralisasi yang sangat besar, meskipun setiap pemerintah daerah tetap mendapat instruksi untuk fokus pada sektor yang sama di seluruh wilayah.

“Contohnya bagaimana menskalakan investasi yang dilakukan oleh seluruh pegawai negeri dari level terendah hingga level tertinggi,” kata ekonom Vivi Alatas dalam Book Talk Yuen Yuen Ang, Megawati Institute, Jakarta, Minggu (23/1).

Skema Pemerintah juga diterapkan sebagai menjalankan bisnis. Gaji yang diterima pegawai negeri dikelola dengan sistem kinerja. Pemerintah pusat akan memberikan bagian kepada daerah yang dapat mencapai target investasi di daerahnya.

Keberhasilan suatu daerah dalam memperoleh investasi dapat berlipat ganda di daerah lain, memberikan ruang yang cukup besar .Untuk alasan ini, perjanjian yang disengaja fleksibel untuk digunakan sebagai tujuan pemerintah pusat.

Namun di sisi lain, strategi ini dapat menciptakan ketimpangan antar departemen dan daerah, menciptakan daerah basah dan kering dari investasi, namun tidak hanya itu, peluang korupsi yang lebih besar juga semakin terbuka, pengurangan korupsi.

“Akhir-akhir ini mereka menggunakan teknologi untuk menghindari fenomena korupsi yang serius”, tutupnya.

Exit mobile version