Site icon Daerahkita

Kadin: Stimulus Menjadi Kunci Keberhasilan Pemulihan Ekonomi

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan penerapan kebijakan stimulus yang direncanakan pemerintah merupakan kunci keberhasilan pemulihan ekonomi. Menurutnya, kebijakan yang baik tidak akan efektif tanpa implementasi yang baik.

“Kebijakan yang sudah dibuat sudah bagus, dari sisi fiskal hingga sosial dan UMKM, hingga restrukturisasi kreditnya bagus, saya concern apakah implementasinya berjalan semua”, ujarnya pada Media Group Network Summit 2022 Bangkit Bersama Maju Indonesia, Kamis 27 Januari 2022.

Pelaku usaha, menurut Arsjad, mengapresiasi dan mendukung kebijakan stimulus yang diambil pemerintah dalam menghadapi pandemi COVID-19. UU Cipta Kerja, UU Harmonisasi Perpajakan dan berbagai turunannya yang telah disiapkan pemerintah dinilai mampu mengakselerasi laju perekonomian nasional.

Namun, ia menekankan pentingnya koordinasi dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah terkait implementasi peraturan tersebut. Arsjad mencontohkan, laporan dari pelaku ekonomi di daerah seringkali tidak sampai ke pemerintah pusat.

Akibatnya, pelaku usaha sering dikaitkan dan ditemukan tidak patuh pada peraturan yang berlaku. “Itu bisa menghambat produksi dan bisa saja ada perusahaan yang dianggap tidak patuh meski secara administratif sudah terpenuhi. Di sinilah kita bicara perizinan di daerah,” jelas Arsjad.

Kadin Indonesia, lanjutnya, mendukung penuh inisiatif pemerintah untuk memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).Ini telah dilakukan agar investasi memasuki Indonesia dapat dioptimalkan dan digunakan oleh UMKM.

Exit mobile version