Site icon Daerahkita

DPRD Dorong Akuntabilitas Keuangan Daerah Berkualitas

SEMARANG – Wakil Ketua DPRD Ferry Wawan Cahyono menghadiri acara pengukuhan dan serah terima jabatan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jateng di lt II Kantor Gubernur, Selasa (8/2/2022).

Gubernur Ganjar Pranowo mengukuhkan Tri Handoyo Kepala BPKP Perwakilan Jateng menggantikan pejabat lama Raden Suhartono. Dalam kesempatan itu hadir langsung Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, serta Forkompinda, dan sejumlah kepala daerah.

Ferry berharap dengan kepemimpinan Tri Handoyo dapat menjadikan penyelenggaraan akuntabilitas keuangan negara/daerah yang berkualitas, serta mendorong kelancaran dan keberhasilan tugas-tugas pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih dan bebas dari KKN.

Dalam sambutannya, Muhammad Yusuf Ateh secara panjang lebar mengemukakan Jateng seperti menjadi tempat ujian dari pejabat-pejabat di BPKP untuk bisa promosi jabatan. Terbukti sudah ada dua pejabat, salah satunya Raden Suhartono promosi jabatan menjadi deputi di Kantor BPKP Pusat.

Tri Handoyo, lajut dia, ditugaskan ke Jateng diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah. Bahkan sosok pejabat baru itu dinilai memiliki kemiripan dengan Gubernur Ganjar Pranowo yang sama-sama menyukai bisa IT.

“Pak Tri ini jago IT Pak Gub. Bisa sejalan dengan Pak Gub yang juga suka mengembangkan IT. Diharapkan dengan kesamaan ini BPKP Jateng bisa berkontribusi dan masukan untuk bisa membuat kebijakan mengenai pembangunan daerah. Saya pun sudah meminta kepada semua Kepala BPKP perwakilan untuk memberikan laporan-laporan sebuan sekali kepada kepala daerah,” ucapnya.  

Sementara Gubernur percaya Kepala BPKP Perwakilan Jateng Tri Handoyo dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya.

“Sudah disinggung oleh Pak Ateh, Jateng menjadi tempat promosi jabatan. Saya yakin Bapak Tri Handoyo dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. BPKP menjadi tempat berkonsultasi mengenai tata keloa keuangan negara. Kami pun sering merepotkan untuk berkonsultasi, apalagi dua tahun kemarin dengan Covid-19 anggaran harus refocussing,” ucapnya.  

BPKP Perwakilan Jateng memiliki wilayah kerja meliputi seluruh instansi pemerintah, baik Pemerintah Daerah maupun instansi vertikal lainnya, serta BUMN/BUMD/BHMN/BLU. Wilayah binaan sebanyak 36 instansi pemerintah daerah. Dari Jumlah tersebut, wilayah binaan Perwakilan BPKP Provinsi jawa Tengah adalah 30 Instansi pemerintah daerah terdiri atas pemerintahan provinsi, lima  kota, dan 24 kabupaten adalah.

Exit mobile version