Site icon Daerahkita

Pacu Produktifitas ASN, Diskominfo Laksanakan Workshop Pranata Komputer

Guna menaikkan kualitas dan produktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya pejabat fungsional pranata komputer, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim menggelar Workshop Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Pranata Komputer bertempat pada Hotel Grand Tjokro Balikpapan (19/5/22).

“Sebagai pembina para japung prakom di Kaltim, tentu saja kami rutin setiap tahun melaksanakan acara workshop misalnya ini guna menaikkan kualitas dan pengenalan regulasi terbaru,” ungkap Kadiskominfo Kaltim, Muhammad Faisal.

Apalagi pada era SPBE misalnya kini ini tentu saja sangat diperlukan para prakom yang handal, kreatif dan inovatif guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang berbasis digital.

“Salah satu kunci keberhasilan SPBE ini terdapat ditangan para japung prakom ini, jadi jangan berkecil hati, peranannya sangat penting sekali lho,” lanjut Faisal bersemangat.

Sementara itu, Kepala Bidang Aptika yang juga kepala panitia, Normalina mengungkapkan bahwa, penyelenggaraan aktivitas ini bertujuan untuk menaikkan kualitas pejabat fungsional pranata komputer.

“Salah satu harapan lain berdasarkan aktivitas ini merupakan memacu produktivitas para prakom di Kaltim,” ungkap Normalina pada laporanya.

Dengan meningkatnya kompetensi dan produktivitas maka akan menghasilkan hasil yang baik guna mendukung peningkatan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan pemerintah daerah.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara hybride, melalui offline terbatas dan juga melalui online dengan narasumber berdasarkan BPS Provinsi Kaltim,” lanjutnya.

Selanjutnya disampaikan bahwa, jumlah japung prakom pada Kaltim terus bertambah untuk itu beliau pun berharap beberapa kota yang memang jumlah telah relatif banyak, buat bisa mempersiapkan diri melakukan evaluasi DUPAK japung prakom ini secara mandiri.

“Untuk efektivitas dan efisiensi maka kami terus mengharapkan agar Pemerintah Daerah yang japung prakom nya telah relatif banyak untuk mampu melakukan evaluasi secara mandiri, tentu kami tetap memonitor dan melakukan bimbingan,” lanjutnya.

Pada workshop kali ini menjadi narasumber primer merupakan Plt Kepala BPS Provinsi Kaltim Nur Wahid dan narasumber lain berdasarkan BPS dan Diskominfo Kaltim.

Exit mobile version