Site icon Daerahkita

Bappedalitbang Balangan Sosialisasi Penilaian Inovasi Daerah

Forum Daerah – Bappedalitbang Kabupaten Balangan menggelar sosialisasi tentang Peraturan Bupati Balangan, Nomor 40 tahun 2021 tentang pelaksanaan inovasi daerah, di Aula Benteng Tundakan, Selasa (1/11/2022).

Kegiatan ini ditujukan sebagai inventarisasi, monitoring, evaluasi serta pendampingan inovasi daerah sebagai tindak lanjut dari instruksi Bupati mengenai inovasi daerah kabupaten Balangan agar tumbuh dan berkembang hingga menjadi budaya inovasi pada Pemerintah Kabupaten Balangan.

Acara dihadiri oleh seluruh perangkat daerah, puskesmas, BUMD serta Perusahaan Milik Daerah Kabupaten Balangan.

Kabid Inovasi Daerah, Bappedalitbang Balangan, Hariyanto mengatakan, kriteria inovasi daerah mengandung pembaharuan seluruh atau sebagian unsur inovasi serta bermanfaat bagi daerah dan masyarakat.

“Tidak mengakibatkan pembenahan atau pembatasan pada masyarakat yang tidak sesuai dengan peraturan UU, juga merupakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah serta dapat direplikasi,” ujarnya.

Sedangkan lanjutnya, penyusunan inovasi daerah juga dilakukan penulisan profil inovasi, terdiri dari rancangan, tujuan, manfaat dan hasil.

Baca Juga : Evaluasi Nilai SAKIP, Pj. Bupati Kobar Minta Kepala Perangkat Daerah Perkuat Inovasi

Ia juga menjelaskan pelaksanaan inovasi daerah sudah dimulai sejak awal tahun 2022, dari SKPD hingga kecamatan dan puskesmas yang ada di Balangan.

“Inti dari kegiatan hari ini ialah bagaimana Peraturan Bupati ini dapat dilaksanakan oleh SKPD, kecamatan dan puskesmas,” katanya.

Sementara itu sebagai JF Peneliti, Siti Fatimah menyebut, ada 14 inovasi daerah yang masuk dalam Lomba Inovasi Balangan (BAILANG).

“Diantaranya ada inovasi Batutukar, pelayanan pendidikan di daerah terpencil dan sistem surat masuk serta ada inovasi dari Pol-PP yakni Lalisa,” sebutnya.

Terakhir Siti menyebutkan, untuk ke 14 inovasi tersebut sudah dilakukan monitoring dan evaluasi.

“Kemudian ada penilaian juri yang kita rekrut dari akademisi, Kemendagri dan Link B dan dari Bupati Balangan,” tutupnya.

Baca Juga : Jokowi Tinjau Pelabuhan Tanjung Agar Menjadi Daya Saing Daerah

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari forumdaerah.comUntuk kerjasama lainya bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version