Site icon Daerahkita

Kementerian BUMN Akan Buka Program Magang Magenta

Forumdaerah.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Forum Human Capital Indonesia (HFCI) akan membuka program Magang Generasi Bertalenta (Magenta) pada 2023.

Kabar dibukanya program tersebut sudah diumumkan oleh BUMN dan FHCI melalui akun Instagram resmi masing-masing pada Sabtu (14/1/2023).

Halo #SobatBUMN dan #SobatFHCI ! Sebentar lagi, akan ada program baru lho dari Kementerian BUMN dan FHCI, buat kamu yang sedang mencari peluang untuk magang,” tulis Kementerian BUMN di keterangan foto.

Direktur Eksekutif FHCI Lieke Roosdianti mengonfirmasi bahwa pihaknya bersama Kementerian BUMN bakal menyelenggarakan Magenta.

Lieke meminta masyarakat untuk menyimak informasi terbaru seputar Magenta melalui akun media sosial Kementerian BUMN dan FHCI.

“Di konten-konten berikutnya akan akan penjelasannya,” ujar Lieke, Senin (16/1/2023).

Baca juga: Hari Pahlawan, 2.200 Putra-Putri TNI Polri Berprestasi Raih Dana Pendidikan BUMN

Apa itu Magenta?

Dilansir dari laman resmi Magenta, program ini adalah magang bersertifikat terpadu bagi pelajar, santri, mahasiswa, dan fresh graduate.

Mereka berkesempatan untuk menerapkan semua ilmu yang sudah didapat dengan cara mempraktikkannya secara langsung di dunia kerja.

Dengan begitu, pelajar, santri, mahasiswa, dan fresh graduate punya tambahan skill dan kemampuan soal standar kerja profesional di BUMN.

“Pengalaman yang didapat dari program Magenta BUMN akan menjadi bekal berharga dalam menjalani jenjang karir sesungguhnya untuk meraih masa depan gemilang,” tulis Magenta di laman resminya.

Di sisi lain, Lieke menerangkan Magenta adalah komitmen FHCI BUMN untuk membangun generasi muda dengan daya saing yang tinggi.

Hal tersebut sempat dikemukakan Lieke dalam acara BUMN Goes to Campus beberapa waktu yang lalu di Universitas Pertamina (UPER).

“Bagi mahasiswa yang ingin magang atau bekerja di BUMN tidak perlu mengkhawatirkan latar belakang pendidikan yang ditempuh. Peluang kerja di BUMN terbuka besar, mulai dari bidang sains hingga sosial,” ujar Lieke dikutip dari laman resmi UPER.

Baca juga: Andre Rosiade Puji Kolaborasi BUMN hingga Pemda soal Vaksin COVID-19

Jenis program magang

Masih dari sumber yang sama, tersedia empat program magang dalam Magenta yang dapat dipilih pelajar, santri, mahasiswa, dan fresh graduate.

Di antaranya Magang Umum, Magang Santri, Kampus Merdeka @BUMN, dan Indonesia Global Talent Internship.

Magang Umum adalah program magang yang terintegrasi dan menjadi bentuk enhancement dari magang-magang BUMN non-SKS yang sebelumnya dijalankan secara mandiri oleh masing-masing BUMN.

Program tersebut memiliki durasi magang yang variatif mulai dari 1-12 bulan dan dapat diikuti oleh siswa dan mahasiswa aktif, termasuk fresh graduate.

Sementara itu, Magang Santri tersedia bagi mahasiswa atau santri berstatus aktif dengan syarat minimal semester 5 untuk diploma dan semester 7 untuk S-1 dari universitas Islam atau pesantren setingkat.

Mereka yang memenuhi kriteria itu mendapat kesempatan untuk magang kerja secara langung di BUMN dengan jangka waktu yang ditentukan.

Baca juga: Jokowi Kagum Dengan Beragam Atraksi Festival Tradisi Islam Nusantara di Banyuwangi

Kemudian, program lainnya yang tersedia adalah Kampus Merdeka BUMN yang menjadi kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemndikbud Ristek).

Program Kampus Merdeka @BUMN sekaligus menjadi pengalihan dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang sebelumnya telah berjalan di bawah koordinasi FHCI.

Porgram terakhir dalam Magenta adalah Indonesia Global Talent Internship yang terbuka bagi mahasiswa aktif pada jenjang S2 atau S3 mancanegara.

Mereka yang berstatus lulusan S2 mancanegara juga berkesempatan mengikuti Indonesia Global Talent Internship.

Dengan begitu, peserta Indonesia Global Talent Internship dapat masuk ke dalam lingkungan kerja BUMN dan berkontribusi langsung pada proyek atau riset di area strategis BUMN.

Bagi pelajar, santri, mahasiswa, dan fresh graduate, mereka bisa menyimak informasi lanjutan seputar Magenta melalui akun media sosial resmi Kementerian BUMN dan FHCI.

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari forumdaerah.comUntuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version