Site icon Daerahkita

BUMN Perbaiki Sistem Pastikan Rekrutmen Bebas Calo

Jakarta, Forumdaerah.com– Kabar gembira bagi para pencari kerja karena rekrutmen Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali dibuka pada tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Kabar baik untuk kalian semua, milenial dan gen-z yang ingin bergabung menjadi keluarga besar BUMN,” tulis Erick melalui akun instagramnya @erickthohir, dikutip Jumat (14/4).

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga memastikan, pelaksanaan program tersebut akan bebas dari praktik penggunaan jasa calo. Pasalnya, para panitia akan menerapkan sejumlah strategi untuk mencegah terulangnya praktik penggunaan jasa calo dalam program Rekrutmen Bersama BUMN sebelumnya.

“Sudah pasti semua di antisipasi,” ujarnya saat ditemui di Kementerian BUMN Jakarta.

Arya menyampaikan, strategi yang akan diterapkan dalam mencegah bentuk kecurangan pada program tersebut dengan melakukan perbaikan sistem secara menyeluruh.

“Sistemnya diperbaiki, pasti. Nanti kan dari kita punya ada teknologi lah untuk online dan sebagainya,” jelasnya.

Baca Juga : Pemuda Tiktok Viral! Usai Sebut Poin Kritik Pemuda yang Sebut Lampung Tak Maju-Maju

Selain itu, pihaknya juga akan mempertimbangkan untuk pelaksanaan tahapan seleksi secara offline. Meskipun demikian, Arya belum dapat menyebut tahap seleksi apa yang akan dilakukan secara offline tersebut.

“Nanti mungkin dia offline juga bisa aja kan. Seluruh cara lah dipakai,” pungkasnya.

Sebagai informasi, tahapan registrasi meliputi proses pendaftaran dan seleksi administrasi oleh PIC BUMN akan dibuka mulai 5-20 Mei 2023. Sedangkan, pengumuman tahap awal ini akan dilakukan pada 1 Juni 2023.

Selanjutnya, tes TKD dan Akhlak pada 10 – 19 Juni 2023. Komposisi pembobotan TKD mencapai 40% dan Akhlak 60%. Hasil pengumuman tahap ini dilaksanakan pada 28 Juni 2023.

Kemudian, tes Bahasa Inggris dengan ambang batas (threshold) lebih dari 450 dan dilakukan pemeringkatan sesuai ratio. Tahap ini dijadwalkan pada 8 – 12 Juli 2023, sementara waktu pengumuman dilakukan pada 19 Juli 2023.

Lalu, tes oleh BUMN pada 22 Juli – 9 Agustus 2023. Tahap seleksi ini meliputi Tes Kompetisi Bidang, User Interview, Socmed Analytic dan Digital, Mindset, serta Medical Check Up (MCU).

Terakhir, pengumuman final akan dilakukan pada 16 Agustus 2023. Peserta yang dinyatakan lulus berdasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN yang diinput melalui sistem.

Baca Juga : Menkeu Sri Mulyani Bagi Tiga Kelompok Daerah Peroleh DBH Sawit

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari forumdaerah.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version