Site icon Daerahkita

Aceh Barat Dapat Penghargaan Terbaik II Nasional Pembangunan Daerah Tahun 2023

JAKARTA, Forumdaerah.com — Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menganugerahkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023 kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berupa penghargaan terbaik II tingkat nasional kategori perencanaan dan pencapaian terbaik tingkat kabupaten yang di umum kan secara resmi pada saat penutupan Musrenbang Nasional, yang dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Selasa, (16-05-2023)

Ajang PPD ini merupakan kegiatan pengendalian perencanaan pembangunan daerah yang dilakukan oleh Bappenas.

Dalam hal ini Bappenas memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang berhasil dalam perencanaan, pencapaian pelaksanaan pembangunan, dan inovasi pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Mahdi mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) di lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Barat yang telah saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam merancang dan melaksanakan pembangunan daerah dengan berbagai inovasi dan kreatifitas.

Selain itu, ia juga menuturkan bahwa capaian yang diraih saat ini berkat kerjasama pemerintah daerah bersama unsur pimpinan dan anggota DPRK Aceh Barat, Forkopimda serta pihak PT. Mifa Bersaudara yang selama ini aktif mengkomunikasikan berbagai hal mengenai pembangunan di kabupaten Aceh Barat.

Baca Juga : Ruko-Restoran di Pluit Jakarta Utara Serobot Badan Jalan

ia mengharapkan, seluruh stakeholder dibawah koordinasi Bappeda agar kedepannya tetap konsisten dan mampu menyusun rencana pembangunan kearah yang lebih baik lagi sebagaimana cita-cita seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Barat, ujarnya

Mahdi menuturkan, Inovasi yang di tampilkan dalam penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) pada tahun ini adalah CSR Makin Mesra yang digagas oleh Bappeda Kabupaten Aceh Barat.

Tujuan dari pelaksanaan inovasi ini adalah dalam rangka menjawab persoalan utama pembangunan di Kabupaten Aceh Barat yaitu tingginya angka kemiskinan.

Secara umum capaian pembangunan di Kabupaten Aceh Barat ditahun 2022 terus membaik yang ditandai dengan menurunnya tingkat pengangguran sebesar 6,09%, Tingkat Kemiskinan menjadi 17,93%, kemudian Indeks Pembangunan Manusia terus naik menjadi 72,34% serta Indeks Gini turun menjadi 0,265%, ini menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Aceh Barat yang semakin merata, tuturnya

Lebih lanjut ia mengatakatan, proses pencapaian penghargaan pembangunan ini diawali oleh pelaksanaan Anugerah Prof. A. Madjid Ibrahim (AMI) ke IX Tahun 2023, pada saat itu Aceh Barat mendapatkan Peringkat Terbaik I tingkat Kabupaten se-Aceh sehingga berhak untuk tampil mewakili Provinsi Aceh di Ajang PPD tingkat Nasional Tahun 2023.

Dalam Pelaksanaan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) ini, dalam kurun waktu 3 tahun berturut-turut Kabupaten Aceh Barat terus menjadi Nominator 10 Besar tingkat Kabupaten se- Indonesia, pungkas Mahdi. 

Baca Juga : Pemerintah Telah Berlakukan Subsisi Kendaraan Listrik

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari forumdaerah.com.Untuk kerjasama lainya bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version