Site icon Daerahkita

Kejadian Kecelakaan di Pantai Pangandaran, Zona Larangan Berenang Akan di Pasang

Forumdaerah.com, Jakarta – Kurangnya memperhatikan rambu-rambu di kawasan zona larangan berenang membuat kecelakaan di Pantai Pangandaran sering terjadi.

Maka untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Pangandaran akan memasang bentangan tali tambang pembatas di zona larangan berenang, salah satunya di area Pos 5 Pangandaran Sunset.

Komandan Pos TNI AL Pangandaran Letda Laut (P) Djunaedi mengatakan bahwa tali pembatas akan pasang di Pos 5 pantai barat sebagai titik poros dengan ukuran masing-masing 100 meter.

“Karena di Pos 5 pantai barat Pangandaran itu merupakan titik pertemuan arus laut, sehingga, kita mengamankan wisatawan yang berada di pos 5 itu untuk tidak boleh berenang,” kata Djunaedi, Kamis 6 Juli 2023.

Inisiatif pemasangan tali pembatas tersebut, kata Djunaedi muncul setelah dilakukan evaluasi dari kejadian kecelakaan laut yang kerap terjadi di seputaran Pos 5 pantai barat.

“Secara Ilmu Nautika di pantai sekitar pos 5 itu merupakan titik pertemuan arus dan tentu sangat berbahaya ketika surut langsung berubah ke pasang.

Baca Juga : Polisi Awasi Penerapan Prokes di Objek Wisata Pantai Pangandaran

“Selama saya bertugas di Pangandaran, sudah ada puluhan kejadian kecelakaan laut yang terjadi di Pos 5. Kalau hanya pasang rambu-rambu saja, mungkin wisatawan maupun warga tidak terlalu memperhatikan,” ujarnya.

“Pemasangan tali pembatas ini akan secepatnya dilakukan, tinggal menunggu anggaran dan waktunya saja,” tambahnya.

Sementara untuk rambu-rambu larangan berenang tentu juga akan dipasang oleh SatPol Airud Polres Pangandaran.

“Tapi, untuk teknisnya di lapangan nanti kita sama-sama. Termasuk melibatkan Balawista dan stakeholder lainnya,” kata Djunaedi.

Kata Djunaedi, dengan telah terpasangnya tali pembatas, tidak terjadi lagi kecelakaan laut di Pangandaran, khususnya di zona larangan berenang dan berharap wisatawan maupun masyarakat bisa mematuhi rambu-rambu maupun tali pembatas setelah terpasang.

“Upaya ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan laut kembali di objek wisata Pantai Pangandaran,” katanya.

Baca Juga : Viral! 2 Anak Punk yang Tenggelam di Pantai Pangandaran Tewas

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari forumdaerah.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version