Site icon Daerahkita

Apa itu ANBK? Yuk Simak Tujuan dan Jadwal ANBK 2023

Jakarta, Forumdaerah.com – Tahukah apa itu ANBK? Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program penilaian terhadap mutu disetiap sekolah, madrasah, serta program kesetaraan di jenjang pendidikan dari dasar sampai menengah. Apa tujuan dan kapan jadwal simulasi ANBK 2023 dilaksanakan?

Apakah ANBK sama dengan ujian nasional? ANBK ternyata berbeda dengan ujian nasional, perbedaannya terlihat dari praktek yang dilakukan. Ujian nasional hanya fokus untuk penilaian aspek kognitif siswa. Sedangkan, ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini adalah penilaian menyeluruh, baik non-kognitif dan kognitif.

Instrumen Penilaian ANBK

Berikut di bawah ini ada tiga instrument penilaian ANBK adalah bagian dari evaluasi dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia:

AKM akan menjadi tolak ukur dalam penilaian yang lebih komprehensif dalam mengukur kemampuan minimal para siswa. AKM terdiri dari tes kemampuan numerasi dan literasi. Soal AKM sangat berbeda dengan soal ujian nasional, sehingga para siswa dan guru harus menyiapkan diri.

Tujuan ANBK Adalah

Apa tujuan dari ANBK? Tujuan ANBK adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan, yang berdasarkan dari informasi akurat di setiap sekolah untuk memperbaiki kualitas dalam belajar mengajar. Di mana pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar para murid.

Hasil dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini nanti akan berupa informasi, yang bisa dipakai untuk memantau perkembangan mutu pendidikan ke depan. Selain itu, tujuan ANBK adalah untuk mengembalikan tujuan utama di suatu pendidikan, yaitu pengembangan karakter dan kompetensi murid.

Asesmen Nasional ini juga dapat memberikan gambaran tentang karakteristik esensial sebuah pendidikan, yang efektif untuk mencapai tujuan utama. Adanya ANBK ini diharapkan bisa mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan dalam memfokuskan sumber daya untuk perbaikan mutu pembelajaran.

ANBK tak menentukan kelulusan seorang siswa dan tak diberikan di akhir jenjang pendidikan. Peserta ANBK di antaranya adalah SD, SMP, hingga SMA. Yang diikuti oleh murid kelas 5, kelas 8, dan kelas 11 di mana dipilih secara acak oleh pemerintah. Penilaian juga diikuti oleh kepala sekolah dan guru.

Baca Juga : Hasil Seleksi Nasional SNBT 2023, Siapkan 2 Nomor Identitas Ini

Jadwal ANBK 2023

SD


SMP


SMA/SMK

Demikian penjelasan apa itu ANBK, tujuan ANBK, dan jadwal ANBK 2023 SD, SMP, SMA.

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari forumdaerah.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version