Site icon Daerahkita

Susunan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2023

Jakarta, Forumdaerah.com – Upacara bendera menjadi salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun lembaga pendidikan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November.

Tahun ini, Hari Pahlawan jatuh pada hari Jumat (10/11/2023).

Hari Pahlawan merupakan peringatan hari nasional yang telah ditetapkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 10 November 1946.

Peringatan Hari Pahlawan ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang, terutama pada pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.

Melansir dari laman Kementerian Sosial (Kemensos), tema Hari Pahlawan 2023 adalah “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan, misalnya melaksanakan upacara bendera.

Contoh Susunan Upacara Hari Pahlawan 2023

Berikut ini rangkaian susunan acara pelaksanaan upacara bendera untuk memperingati Hari Pahlawan 2023 yang dirujuk dari pedoman pelaksanaan Hari Pahlawan oleh Kementerian Sosial RI.

  1. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.
  2. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.
  3. Pengibaran bendera Merah Putih, diiringi Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya” yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara.
  4. Mengheningkan cipta, dipimpin oleh Pembina Upacara.
  5. Pembacaan Pancasila.
  6. Pembacaan Pembukaan UUD 1945.
  7. Pembacaan pesan-pesan Pahlawan (ditentukan panitia).
  8. Amanat Pembina Upacara.
  9. Pembacaan Do’a.
  10. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.
  11. Penghormatan kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.
  12. Upacara selesai.

Pengibaran Bendera Merah Putih dilaksanakan di lapangan terbuka jika memungkinkan. Jika tidak, pengibaran dapat diganti dengan bendera Merah Putih yang sudah terpasang di tiang. Upacara sebaiknya dilakukan secara tertib dan khidmat.

Baca Juga : Selamat Hari Pelanggan Nasional 2023

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari forumdaerah.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version