Site icon Daerahkita

Dinkes DKI Jakarta Sarankan Warga Pakai Masker Cegah TBC

Forumdaerah.com – Dinkes DKI Jakarta mendorong penduduk untuk menggunakan masker saat berada di kerumunan untuk mencegah penyebaran tuberkulosis (TBC).

Ani Ruspitawati, Kepala Dinkes DKI Jakarta, mengatakan bahwa ketika seseorang yang menderita TBC batuk atau bersin tanpa menutup mulut, bakteri TBC dapat menyebar ke udara dalam bentuk percikan dahak.

Bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menjadi penyebab TBC dapat bertahan di udara selama beberapa jam di ruangan yang lembap dan gelap sebelum terhirup oleh orang lain.

Untuk menghindari penularan TBC, masyarakat disarankan untuk menggunakan masker saat berada di kerumunan dan menutup mulut serta hidung saat batuk atau bersin menggunakan tisu, sapu tangan, atau lengan bagian dalam. Selain itu, penting untuk menjaga sirkulasi udara yang baik di rumah dan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Terapi pencegahan TBC juga disarankan untuk orang yang berisiko tinggi seperti pasien HIV/AIDS, tenaga kesehatan, dan narapidana.

Ani juga menekankan pentingnya segera mengunjungi fasilitas kesehatan jika mengalami gejala TBC seperti batuk terus menerus dengan atau tanpa dahak, demam yang berlangsung lama, sesak napas, nyeri dada, dan penurunan berat badan. Gejala lainnya termasuk batuk berdarah, hilangnya nafsu makan, dan keringat malam meskipun tidak melakukan aktivitas fisik.

Menurut data Dinkes DKI Jakarta, pada tahun 2023 terdapat 60.420 kasus TBC yang dilaporkan di Jakarta. Dari jumlah tersebut, 59.217 merupakan kasus TBC sensitif obat (SO) dan 1.203 (2 persen) merupakan kasus TBC resisten obat (RO).

TBC SO adalah kondisi dimana bakteri Mycobacterium tuberculosis masih sensitif terhadap obat anti-TB (OAT), sedangkan TBC RO adalah kondisi dimana bakteri telah menjadi resisten terhadap obat anti-TB. Sekitar 86 persen dari seluruh kasus TBC SO yang terdeteksi telah memulai pengobatan, mendekati target nasional sebesar 95 persen.

Baca Juga : BNPB Gelar Rapat Koordinasi Tanggapi Bencana Banjir dan Longsor di Sumbar

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari forumdaerah.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version