Site icon Daerahkita

Pantai Anyer Padat Pengunjung Hingga 62 Ribu Wisatawan

Forumdaerah.com – Pada akhir pekan terakhir libur Lebaran 2024, terjadi kepadatan lalu lintas di jalur alternatif yang menuju kawasan Wisata Pantai Anyer-Carita, di Provinsi Banten.

Pada H+4 Idul Fitri 1445 Hijriah, yang jatuh pada hari Minggu, 14 April 2024, tercatat kepadatan arus lalu lintas di sepanjang ruas jalan Pantai Anyer dan Pantai Carita serta di jalur alternatif.

Kepadatan tersebut menyebabkan kemacetan yang panjang mulai dari Pantai Marbella Anyer hingga Simpang Teneng, di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Pertigaan Teneng merupakan titik pertemuan arus lalu lintas yang berasal dari Anyer, Cinangka, dan Carita, yang menuju ke Padarincang, Ciomas, Palima, dan Kota Serang.

Berdasarkan kutipan, seorang pengendara bernama Saepudin asal Kota Serang mengatakan bahwa dirinya sengaja memilih jalur alternatif menuju lokasi wisata pantai guna menghindari kemacetan.

“Dari Serang sekitar jam 11.00 WIB, sengaja lewat jalur alternatif agar tidak kena macet, ternyata sampai Padarincang itu sudah mulai macet,” katanya.

Ia mengaku telah terjebak kemacetan sejak pukul 14.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB, di mana kemacetan total terjadi di Simpang Teneng.

“Terjebak macet sekitar 1 kilometer, padahal kita lewat dari jalur alternatif bukan jalan kota. Tapi sampai sekarang macet, tunggu agak terurai dulu baru bisa berangkat ke pantai,” katanya.

Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim, menyatakan bahwa seperti pada momen libur panjang saat Idul Fitri tahun sebelumnya, skema yang diterapkan pada libur Lebaran tahun ini juga sama. Pihaknya menerapkan sistem one way di Jalan Lingkar Selatan (JLS).

“Kita menyiapkan oneway di JLS menuju Anyer, yang mana penerapan ini juga telah dilakukan sejak tahun kemarin apabila terjadi penumpukan kendaraan yang menuju ke arah wisata maupun sebaliknya,” katanya.

Pihak kepolisian lalu lintas juga telah menyiapkan skenario jalur alternatif bagi kendaraan yang bergerak dari Jakarta menuju Anyer melalui Serang Timur atau keluar Tol Serang Timur.

Dalam skenario tersebut, kendaraan akan diarahkan melalui Jalan Pal Lima, Pabuaran, dan Padarincang.

Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Serang mencatat bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Anyer mencapai 85 ribu orang hingga H+2 Lebaran.

Baca Juga : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari Forumdaerah.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version