Site icon Daerahkita

Presiden Jokowi Melakukan Groundbreaking Universitas Gunadarma di Kawasan IKN

ForumDaeah.com – Pada Selasa, 4 Juni 2024, Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, melakukan peletakan batu pertama untuk Universitas Gunadarma di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Tahap awal peletakan batu pertama ini fokus pada pembangunan gedung kampus untuk program doktor internasional Universitas Gunadarma, menjadi langkah awal bagi kehadiran perguruan tinggi pertama di IKN.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menekankan pentingnya investasi dalam fasilitas pendidikan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Menurutnya, SDM yang berkualitas tinggi adalah kunci kesuksesan dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

Jokowi juga meyakini bahwa keberadaan universitas di kawasan IKN akan membawa dampak positif dalam pengembangan SDM di Pulau Kalimantan, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur. Dia menggarisbawahi pentingnya fasilitas pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi bagi masyarakat sekitar IKN.

Universitas Gunadarma sendiri diharapkan akan menawarkan beragam program doktoral internasional, bekerja sama dengan universitas di Prancis, Slovakia, Swedia, dan negara lainnya.

Inisiatif pembangunan fasilitas pendidikan di kawasan IKN dipandang sebagai langkah strategis pemerintah untuk meningkatkan sektor pendidikan di Indonesia. Acara groundbreaking tersebut juga dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga menjabat sebagai Plt.

Baca Juga : Jokowi Dukung Penuh Operasional Bandara Kertajati

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari ForumDaerah..com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version