Site icon Daerahkita

BMKG Terima Kunjungan NDMA Maldives untuk Pelajari Sistem Peringatan Dini Tsunami

ForumDaerah.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerima kunjungan delegasi dari National Disaster Management Authority (NDMA) Maldives, Maldives Meteorological Service, dan Ministry of Construction and Infrastructure. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari konsep operasional, teknologi, dan metode yang digunakan BMKG dalam membangun sistem peringatan dini tsunami.

Delegasi disambut hangat oleh Kepala Pusat Gempa Bumi, Daryono. Kegiatan dimulai dengan pemaparan mengenai sistem monitoring gempa, pemrosesan data gempa, diseminasi informasi gempa, dan peringatan dini tsunami. Tim Pusat Gempabumi dan Tsunami juga memberikan edukasi tentang mitigasi gempa bumi dan tsunami melalui program Sekolah Lapang Gempa (SLG) dan Tsunami Ready (TR).

Setelah bertukar cenderamata, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke ruang operasional InaTEWS (Indonesia Tsunami Early Warning System). Di sini, delegasi NDMA Maldives mendapatkan penjelasan lengkap mengenai operasional InaTEWS dalam memonitor gempa dan memberikan informasi gempa bumi serta peringatan dini tsunami untuk wilayah Indonesia, ASEAN, dan Samudra Hindia.

Selanjutnya, rombongan mengunjungi Meteorology Early Warning System (MEWS) dan Climate Early Warning System (CEWS) milik BMKG. Di kedua fasilitas ini, para delegasi melihat langsung berbagai alat yang digunakan untuk memantau kondisi cuaca dan iklim. Mereka juga mendapat penjelasan tentang bagaimana data yang dikumpulkan digunakan untuk membuat prakiraan cuaca dan peringatan dini yang akurat.

Delegasi NDMA Maldives aktif berdiskusi dengan para ahli BMKG mengenai tantangan dan strategi dalam mitigasi bencana di masing-masing negara. Diskusi ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara kedua pihak dan meningkatkan kapasitas NDMA Maldives dalam menghadapi bencana alam di wilayah mereka.

Kunjungan edukatif ini tidak hanya memberikan wawasan baru bagi delegasi NDMA Maldives, tetapi juga membuka peluang untuk kolaborasi internasional yang lebih erat dalam upaya pengurangan risiko bencana. Diharapkan, melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman ini, kedua negara dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan respons terhadap bencana alam di masa mendatang.

Baca Juga : Mengungkap Rahasia di Balik Satelit BMKG: Mata Pengawas Cuaca yang Selalu Terjaga Untuk Anda!

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari ForumDaerah.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version