Site icon Daerahkita

Optimalkan Kesiapsiagaan, Polda Banten Laksanakan Latihan dan Simulasi Pengamanan Kota Jelang Pilkada 2024

 

Serang – Meningkatkan keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada 2024, Polda Banten telah melaksanakan latihan dan simulasi pengamanan kota (Sispamkota) yang diadakan di Halaman KP3B Provinsi Banten pada hari Selasa, tanggal 06 Agustus. Kegiatan ini menarik perhatian dengan kehadiran beberapa tokoh penting, termasuk Pj. Gubernur Banten, Al Muktabar, serta unsur Forkompimda Provinsi Banten dan melibatkan sekitar 2.000 personel kepolisian terdiri dari berbagai satuan kerja, dengan fokus pada peningkatan kemampuan Satbrimob dan Ditsamapta Polda Banten.

Kapolda Banten, Irjen Pol Suyudi Ario Seto, menegaskan pentingnya Sispamkota dalam konteks persiapan menghadapi situasi potensial yang dapat muncul selama Pilkada. “Hari ini Polda Banten beserta jajaran bersama Forkopimda dan atas dukungan Bapak Pj Gubernur, untuk bisa bersama-sama menyaksikan serta mengikuti Sispamkota tujuannya adalah agar para pesonel yang nantinya bertugas dalam pengamanan dapat memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dilapangan pada saat Pilkada 2024 mendatang,” pungkas Kapolda.

Kegiatan latihan ini juga mencakup pelatihan pengendalian massa dan skenario pengamanan dalam situasi darurat, mempersiapkan tindakan kepolisian dalam demonstrasi yang dapat berujung pada aksi kekerasan. Kapolda menambahkan tantangan yang akan dihadapi personel ke depannya, “Tugas Polda Banten ke depan akan lebih berat, terutama pasca memasuki tahapan-tahapan Pilkada 2024 sehingga personel perlu dipersiapkan sejak dini melalui latihan-latihan rutin seperti ini serta pembinaan fisik secara terus menerus.”

Selama latihan, ditunjukkan pentingnya kesiapan menghadapi kondisi yang tidak terduga. “Dalam Simulasi ini para personel dilatih untuk menghadapi kondisi nyata, bisa saja personel berhadapan langsung dengan pendemo yang marah, menendang tameng, melempar personel dengan batu dan benda keras lainnya, sehingga dalam latihan inilah mental personel perlu dipersiapkan, dan perbaikan-demi perbaikan perlu dilakukan untuk kesempurnaan dalam pelaksanaan Sispamkota yang sebenarnya,” jelas Kapolda Banten.

Koordinasi pengamanan Pilkada adalah aspek krusial lainnya yang disoroti selama latihan, terutama dalam memastikan protokol kesehatan personel kepolisian tetap terjaga. Kapolda menitikberatkan pada kesehatan dan kesiapan fisik personel, “Personel harus menjaga kesehatan dan kondisi harus tetap prima ditengah tingginya kebutuhan jumlah personel saat Pilkada nanti, perhatikan olahraganya, makanannya dan waktu istirahatnya. Personel harus disiplin tidak hanya menjaga kesehatan juga dalam beraktivitas dalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian”.

Latihan yang dilakukan ini diharapkan menjadi pendorong bagi Polda Banten untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan memberikan respon yang tepat dan cepat dalam segala situasi yang mungkin terjadi selama perhelatan demokrasi yang sangat penting ini. (Bidhumas)

 

Exit mobile version