Site icon Daerahkita

Puluhan Warga Pasirwangi Mengungsi Akibat Kerusakan Rumah Pascagempa Magnitudo 4,9

ForumDaerah.com – Puluhan warga Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terpaksa mengungsi ke tenda-tenda darurat setelah rumah mereka mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi pada Rabu, 18 September 2024. Para warga memilih mengungsi karena khawatir rumah mereka akan roboh tiba-tiba.

Kapolsek Pasirwangi, Iptu Wahyono Aji, menyatakan bahwa puluhan warga terpaksa meninggalkan rumah sementara waktu karena kondisinya rusak. Mereka memilih tinggal di tenda yang didirikan oleh BPBD Garut, Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan Dinas Sosial Garut di lokasi yang lebih aman.

“Sebagian besar warga yang mengungsi adalah lansia, dan kondisi bangunan rumah mereka sudah tidak layak huni, termasuk beberapa yang mengalami kerusakan parah. Mereka memilih untuk menghindari risiko bangunan roboh, terutama setelah gempa pertama disusul dengan beberapa gempa susulan,” ujarnya pada Kamis, 19 September 2024.

Kepala Pelaksana BPBD Garut, Aah Anwar Saeffuloh, mengungkapkan bahwa kerusakan rumah tersebar di enam kecamatan, yaitu Pasirwangi, Cisurupan, Sukaresmi, Cibiuk, Tarogong Kaler, dan Samarang. Sebanyak 1.102 rumah di 19 desa terdampak gempa, lima orang mengalami luka-luka, serta kerusakan terjadi pada 18 fasilitas pendidikan dan 17 fasilitas ibadah.

“Kerusakan paling banyak terjadi di Kecamatan Pasirwangi, dengan total 1.075 rumah, 14 fasilitas pendidikan, 16 fasilitas ibadah, serta lima orang luka-luka. Di Kecamatan Cisurupan tercatat ada tujuh rumah rusak, satu fasilitas pendidikan, dan satu fasilitas ibadah. Kecamatan Sukaresmi mengalami kerusakan dua rumah dan satu fasilitas pendidikan. Kecamatan Cibiuk, Tarogong Kaler, dan Samarang masing-masing mencatat kerusakan satu hingga 16 rumah,” jelasnya.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi memiliki magnitudo 4,9 dengan episenter berada di darat pada koordinat 7,23 LS dan 107,65 BT, sekitar 25 kilometer tenggara Kabupaten Bandung, dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga : Operasi Puri Agung II: POLRI Bertekad Amankan Forum Dunia dengan Latpraops Strategis di Bali

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari ForumDaerah.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.  

Exit mobile version