Site icon Daerahkita

Parade Budaya Merah Putih di Lapangan Banteng Diramaikan 1.500 Peserta

Jakarta, Forumdaerah.com – Sebanyak 1.500 peserta berbusana adat daerah meramaikan Parade Budaya Merah Putih di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (27/8/2023).

Parade Budaya Merah Putih tersebut mengambil tajuk “Jayalah Selamanya”. Parade digelar sebagai rangkaian perayaan hari ulang tahun ke-78 RI.

Beragam seni dan budaya Indonesia diperagakan dalam Parade Budaya Merah Putih tersebut. Parade digelar untuk menghidupkan semangat melestarikan budaya Indonesia.

Parade Budaya Merah Putih dimulai dengan pameran busana adat yang diikuti oleh 1.500 peserta dari berbagai komunitas. Salah satunya, komunitas Indonesia Menari yang memamerkan 120 busana adat dari Sabang sampai Merauke.

Ketua Umum Indonesia Menari, Renata, mengungkapkan, 120 anggota komunitasnya sudah bersiap dari pagi hari, untuk menjadi peserta pawai, yakni berjalan sambil memamerkan busana adat dari IRTI ke Lapangan Banteng, sebelum akhirnya menyuguhkan pagelaran tarian pada acara puncak di Lapangan Banteng.

“Tadi kami pawai dari IRTI sampai sini. Pagi tadi pukul 08.00 WIB, sudah persiapan make up dan memakai kostum. Kostum ini kan sudah agak ribet ya makanya jadi perlu persiapan yang matang,” ungkap Renata ketika ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Selain memamerkan busana, Renata juga menyebut, komunitasnya menyuguhkan tarian flash mob, yang digelar saat pawai dan puncak acara di Lapangan Banteng. Tarian yang disuguhkan merupakan tarian tradisional dari berbagai daerah.

Baca Juga : Heboh! Sekolah di NTT Masuk Jam 5 Pagi, Kemendikbudristek Tanggapi Kebijakan Tersebut

“Tadi kita sudah menarikan flashmob, salah satunya tarian Maumere dari NTT. Terus kita juga nanti akan tampil dengan tarian Toraja, tarian Minangkabau dan tarian dari Ambon,” kata Renata.

Untuk dapat menyuguhkan tarian yang menghibur para penonton, Renata mengaku komunitas Indonesia Menari telah berlatih sejak beberapa bulan lalu. Latihan menjadi makin intensif beberapa hari menjelang Parade Budaya Merah Putih.

“Indonesia Menari memang berlatih setiap Kamis dan Sabtu. Mendekati beberapa hari H kita makin intens rutin berlatih,” jelas Renata.

Parade Budaya Merah Putih diikuti oleh 1.500 peserta dari 20 komunitas. Parade dimulai dengan pawai busana adat dari Sabang sampai Merauke, yakni peserta berjalan dari IRTI Monas sekitar pukul 13.45 WIB menuju Lapangan Banteng.

Selain pawai busana adat, Parade Budaya Merah Putih juga menggelar konvoi parade kendaraan mobil, motor, dan sepeda, dari Jalan MH Thamrin, berkeliling ke Semanggi, hingga kembali lagi ke titik awal.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pertunjukan marching band. Parade Budaya Merah Putih juga diramaikan dengan pembentangan bendera Merah Putih raksasa berukuran 100 meter oleh para peserta.

Baca Juga : Mulai Pekan Depan, 50 Persen ASN Tangsel ‘WFH’

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari forumdaerah.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version